Trend Investasi Emas picture
Top Advertisement

Intenselynews.com – Trend investasi emas merupakan instrument investasi yang cukup menjanjikan keuntungan. Hal itu dapat dibuktikan dengan harga emas yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Selain harga yang kerap naik, kelebihan investasi emas lainnya adalah emas memiliki tingkat likuiditas tinggi dan melindungi aset dari inflasi.

Di jaman serba digital ini bahkan telah banyak e-commerce yang menyediakan pembelian emas secara online. Dengan demikian kegiatan jual jual-beli emas semakin mudah dilakukan. Tapi sebelum berinvestasi emas, tidak ada salahnya Anda mengetahui pengertian istilah-istilah dalam investasi emas berikut ini!

Pengertian Istilah-Istilah dalam Trend Investasi Emas

1. Bullion adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut batangan emas, perak murni, atau koin yang Anda gunakan sebagai aset investasi.

2. Commodity Exchange (COMEX) adalah salah satu divisi bursa komoditas New York yang terkenal dalam bursa perdagangan industri metal (emas, perak, tembaga, dan aluminium). Selain COMEX, terdapat juga bursa perdagangan komoditas lainnya, yakni Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) dan London Metal Exchange (LME).

3. Dinar adalah istilah yang digunakan untuk menyebut koin emas yang memiliki tingkat kemurnian 22 karat, dengan berat 4,25 gram.

4. Dirham adalah sebutan untuk koin perak murni yang memiliki berat 2,975 gram.

5. Emas Lantakan adalah istilah untuk menyebut emas batangan.

6. Fineness adalah istilah ntuk mengukur tingkat kemurnian suatu emas. Emas batangan dengan tingkat kemurnian 24 karat yang diproduksi Antam memiliki tingkat kemurnian mencapai 99,9 persen secara fineness.

7. Gold Reserve (Cadangan emas) adalah istilah yang merujuk pada cadangan emas bullion yang disimpan sebagai kas bank sentral suatu negara ataupun kantor kas negara. Cadangan emas berkontribusi pada kredibilitas negara dalam menerbitkan uang dan obligasi.

8. Gold grade (peringkat emas) adalah istilah yang merujuk pada kualitas atau kemurnian emas dalam kontrak berjangka (futures). Definisi grade ini akan berbeda pada setiap bursa dan setiap kontrak. Bursa emas di dunia menyediakan produk beragam, dengan kualitas dan harga berbeda.

9. Grade adalah istilah yang menunjukkan tingkat kemurnian atau kualitas emas. Semakin baik grade suatu produk emas, harganya akan semakin mahal.

10. Karat (KT/CT) adalah tolak ukur yang digunakan untuk menentukan kemurnian emas. Skala tertinggi adalah 24 karat yang menunjukkan emas tersebut merupakan emas murni.

11. Kitco adalah perusahaan yang tidak hanya berbisnis emas, melainkan juga sebagai tempat yang digunakan untuk mencari informasi mengenai logam mulia. 

12. Pool Account adalah istilah yang mengacu pada tempat penyimpanan emas Anda di dealer/toko dalam transaksi jual-beli emas Anda memutuskan untuk menyimpan emas di dealer atau di toko.

13. Standard ounce adalah istilah untuk satu troy ons emas dengan kemurnian 91,66% (22 karat).

14. Troy Ounce (t oz) adalah istilah untuk satuan emas yang memiliki nilai sama dengan 31,1 gram untuk tiap satuannya, dan merupakan satuan yang umumnya digunakan untuk mengukur berat emas, baik batangan maupun koin.

Setelah mengetahui beberapa istilah dalam investasi emas di atas, buatlah keputusan bijak dalam berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik. Selamat berinvestasi!

Baca juga:

Image by Omar Hadad from Pixabay

-IN-

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here