25.2 C
Jakarta

Virus Corona, Apa Saja yang Harus Anda Ketahui ?

Intenselynews.com – Selama beberapa hari ke belakang, pemberitaan dunia masih berpusat pada Cina. Virus baru yang menyebar dan menginfeksi Kota Wuhan membuat dunia panik. Terlebih, virus yang dinamai Coronavirus / virus corona itu ternyata belum ditemukan vaksin dan obatnya.

Berbagai dugaan terkait virus tersebut terus bermunculan. Termasuk tentang kemungkinan sumbernya yang berasal dari kebiasaan masyarakat setempat dalam mengonsumsi aneka kuliner berbahan dasar hewan. Lantas, apa sebenarnya virus ini dan apa saja hal yang harus kita ketahui tentangnya?

Infeksi yang Melumpuhkan Kota

Setidaknya 56 orang telah meninggal akibat virus corona jenis baru di Cina setelah wabah di pusat kota Wuhan, memaksa pemerintah mengisolasi lebih dari selusin kota dengan populasi 56 juta orang.

Sekitar 1.975 kasus telah dilaporkan pada hari Minggu, sebagian besar di Wuhan dan kota-kota terdekat di provinsi Hubei. Ada kekhawatiran lebih yang berkembang tentang penyebaran virus karena di saat yang sama ada ratusan juta orang melakukan perjalanan untuk perayaan Tahun Baru Imlek, yang dimulai pada hari Jumat.

Apa Itu Virus corona?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona atau coronavirus masih satu family dengan virus yang menyebabkan penyakit seperti dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS).

Virus ini pada awalnya ditularkan antara hewan dan manusia. SARS, misalnya, diyakini telah ditularkan dari kucing luwak ke manusia, sementara MERS melakukan ditularkan dari hewan sejenis unta kepada manusia.

Beberapa jenis coronavirus yang dikenal beredar pada hewan yang belum menginfeksi manusia.

Nama coronavirus berasal dari kata Latin corona, yang berarti mahkota atau halo. Di bawah mikroskop elektron, bentuk virus ini mengingatkan kita pada korona matahari. Virus corona baru, yang diidentifikasi oleh otoritas Cina pada 7 Januari dan saat ini dinamai 2019-nCoV, adalah jenis baru yang sebelumnya tidak diidentifikasi pada manusia. Beberapa waktu belakangan ini baru diketahui bahwa ternyata virus ini juga bisa menginfeksi manusia.

Apa Saja Gejalanya?

Menurut WHO, tanda-tanda infeksi termasuk demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas.
Dalam kasus yang lebih parah, virus ini dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian. Masa inkubasi virus corona masih belum diketahui. Beberapa sumber mengatakan itu bisa antara 10 hingga 14 hari.

Seberapa Berbahaya Virus Ini?

Beberapa ahli mengatakan itu mungkin tidak mematikan seperti jenis coronavirus lain seperti SARS, yang menewaskan hampir 800 orang di seluruh dunia selama wabah 2002-2003 yang juga berasal dari Cina.

MERS, yang tidak menyebar luas, lebih mematikan, membunuh sepertiga dari mereka yang terinfeksi.

Di Mana Saja Infeksi Terjadi dan Bagaimana Penanganannya?

Sebagian besar kasus telah dilaporkan di Tiongkok. Setidaknya 56 orang dinyatakan meninggal dan setidaknya ada 1.372 kasus yang dikonfirmasi dilaporkan di daratan Cina pada 25 Januari. Virus ini telah menyebar ke banyak negara Asia, serta ke Eropa dan Amerika Utara.

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk virus baru ini. Pihak berwenang China secara efektif menutup Wuhan pada hari Kamis, menangguhkan penerbangan dan kereta ke luar kota dan mengatakan kepada penduduk bahwa mereka tidak dapat pergi tanpa alasan khusus, kata media pemerintah. Langkah itu dimaksudkan untuk secara tegas untuk mencegah epidemic lebih lanjut dan melindungi kawasan sekitar yang belum terinfeksi.

Lebih dari belasan kota Cina lainnya telah menerapkan pembatasan transportasi, yang mempengaruhi 56 juta orang. Bandara di seluruh dunia bahkan telah melakukan langkah-langkah sosialisasi untuk penyaringan dan beberapa negara bekerja keras untuk mengevakuasi warganya dari Wuhan.

Dari Mana Virus Ini Berasal?

Otoritas kesehatan China masih berusaha untuk menentukan asal virus, yang mereka katakan berasal dari pasar makanan laut di Wuhan di mana satwa liar juga diperdagangkan secara ilegal. WHO juga mengatakan sumber hewan tampaknya paling mungkin menjadi sumber utama wabah. Ular termasuk jenis krait Cina dan kobra mungkin menjadi sumber virus yang baru ditemukan, menurut para ilmuwan Cina.

Apakah Ini Bisa Disebut Sebagai Krisis Global?

Sampai saat ini menurut WHO,  wabah yang terjadi belum merupakan keadaan darurat global, mendesak Cina untuk mengatasi masalah yang ada. Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa keputusan untuk menunda mengeluarkan deklarasi yang digunakan untuk epidemi paling parah tidak boleh diambil sampai kondisi tertentu.  “Ini darurat di Cina, tetapi belum menjadi darurat kesehatan global,” katanya kepada wartawan.

Baca juga:

Sama seperti negara-negara lain di dunia, Indonesia juga mengalami kecemasan yang sama mengenai wabah ini. Masyarakat juga secara tegas menolak kedatangan turis ataupun orang-orang dari Cina ke dalam negeri untuk mencegah risiko menyebarnya virus ini ke tanah air.

Image by engin akyurt from Pixabay

-Dita Safitri-

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

ARTIKEL TERBARU

Fintech Bantu Pemerintah dan Bank Tingkatkan Layanan Publik Covid-19

Intenselynews.com – Perusahaan teknologi keuangan (fintech) bekerja sama dengan bank dan perusahaan lain untuk menyediakan layanan publik, termasuk dengan membantu mencairkan paket bantuan COVID-19...

Mengenal Airdrop Lebih Jauh dalam Dunia Kripto Aset

Intenselynews.com – Bagi Anda yang gemar berburu token atau kripto aset gratis, Anda mungkin sudah tidak asing dengan istilah airdrop. Airdrop merupakan salah satu...

Crypto Dash Berkembang Menjadi Cryptocurrency Cloud Terdesentralisasi

Intenselynews.com – Dunia cryptocurrency menunjukkan pertumbuhannya dari waktu ke waktu. Tidak hanya semakin banyaknya crypto asset baru yang muncul, pergerakan industri crypto juga ditandai...

Apa yang Terjadi ketika Komputer dapat Memprediksi Pikiran Anda?

Intenselynews.com – Para peneliti di Universitas Helsinki telah mengembangkan teknik. Teknik itu menunjukkan komputer memodelkan persepsi visual dengan memantau sinyal otak manusia.  Komputer seolah-olah...

Mengenal 3 Jenis Kategori Sekuritas dalam Investasi

Intenselynews.com – Selama ini Anda mungkin hanya mendengar istilah sekuritas saja. Padahal sekuritas ini banyak jenisnya. Apakah Anda sudah mengenal 3 jenis kategori sekuritas...
Translate »